Core 2 Duo? Core 2 Quad?

Cara gampang memahami istilah-istilah prosessor buatan intel ini adalah Core 2 duo = prosesor dengan 2 inti prosesor dan Core 2 Quad = prosesor dengan 4 inti prosesor. Pada dasarnya Core 2 Duo memiliki 2 prosesor yang digabung kedalam satu chip sedangkan Core 2 Quad memiliki 4 prosesor yang digabung ke dalam satu chip.

Perbedaan DDR, DDR2 dan DDR3

Hanya sekedar catatanku hasil dari browsing sana-sini dan baca ini itu. Awalnya karena penasaran bedanya apa ya, dari bentuk fisik dan kecepatannya. Akhirnya kutemukan dan kubagikan secuil informasi yang kudapatkan:
  1. DDR (Double Data Rate Synchronous Dynamic Random Access Memory (SDRAM)) merupakan pengembangan dari teknologi SDRAM. Mempunyai kecepatan transfer data dua kali lipat dibanding SDRAM. Jumlah pin 184. Bandwidth 2 bit. Tegangan listrik 2,6 volt. Kapasitas max sekarang 1GB (Giga Byte). Penamaan DDR-200 = PC-1600 sampai DDR-400 = PC-3200.
  2. DDR2 mempunyai kecepatan transfer data dua kali lebih cepat dibandingkan DDR menggunakan technology dual pumping. Jumlah pin 240. Mempunyai bandwidth 4 bit. Tegangan listrik 1.8 V sampai 2.5 V. Kapasitas max sekarang 2GB. Penamaan DDR2-400 = PC2-3200 sampai DDR2-1066 = PC2-8500.
  3. DDR3 menghemat pemakaian daya listrik sebesar 30% dibandingkan DDR2 yaitu menggunakan tegangan sebesar 1.5 V. Menggunakan chip dengan teknologi 90 nm. Jumlah pin sama dengan DDR2 yaitu 240. Mempunyai bandwidth lebih besar yaitu 8 bit. Ukuran kapasitas secara teori sampai 16 GB di satu modul. Penamaan DDR3-1600 = PC3-12800.

Nama dan Fungsi Komponen - Komponen Motherboard


  1. Socket LGA 775: berfungsi sebagai tempat prosesor Pentium 4 dual core, core2 duo, core2 quad dan Pentium D.
  2. Slot memory: berfungsi sebagai tempat memori DDR2.
  3. Chipset Northbridge: berfungsi untuk mengatur data dari CPU, memory dan slot PCI express.
  4. Socket Power 24 pin: berfungsi untuk menghubungkan ke power supply untuk daya listrik motherboard.
  5. Socket Power 4 pin: berfungsi untuk daya listrik CPU/Prosesor
  6. Chipset Southbridge: berfungsi untuk mengatur perangkat penyimpanan data, perangkat keluaran dan masukan yang transfer datanya kecil.
  7. Slot PCI express 16x: berfungsi sebagai tempat dari VGA card.
  8. Slot PCI express 1x : berfungsi sebagai tempat dari VGA card pci express namun jarang digunakan.
  9. Baterei BIOS: berfungsi untuk menyuplai tenaga listrik untuk chip BIOS ketika computer dimatikan.
  10. Slot PCI: berfungsi sebagai tempat kartu-kartu tambahan seperti soundcard, modem internal, LAN card, TV tuner, dan lain-lain.
  11. Chipset BIOS: berfungsi untuk mengatur tanggal, bulan, tahun, jam, harddisk, dvdrom, booting device dan lain-lain.
  12. Socket IDE: berfungsi untuk menghubungkan ke harddisk dan DVD ROM drive. Kecepatan transfer data 133 MB/s.
  13. Socket FDD: berfungsi untuk menghubungkan ke Floppy Disk Drive.
  14. Front Panel Connector: berfungsi untuk menghubungkan kabel-kabel di casing seperti tombol power, restart, lampu power, lampu harddisk, port USB di casing depan, port speaker dan microphone
  15. Socket SATA: berfungsi untuk menghubungkan hard disk dan DVD ROM drive. Kecepatan transfer data 150 MB/s.

Nama dan Fungsi dari Rear Panel Motherboard


  1. PS/2 (Personal system) mouse port:utk menghubungkan ke mouse
  2. PS/2 keyboard port:utk menghubungkan keyboard
  3. Serial / communication (com) port: utk menghubungkan ke mouse serial, utk menghubungkan ke modem external,tuk menghubungkan kabel data (hp/router)
  4. Paralel /LPT1 port:utk menghubungkan ke printer, joystick playstation, scanner
  5. VGA port:utk menghubungkan ke monitor
  6. USB (Universal Serial Bus) ports:utk menghubungkan keyboard usb, mouse usb, printer, scanner, joystick playstation, modem external, wireless adapter, flash disk, card reader, speaker, tv tunner external, web cam, kabel data hp….(dapat menghubungkan sampai dengan 127 peralatan sekaligus)
  7. LAN port: utk menghubungkan ke jaringan computer
  8. Line in: utk recording (merekam)
  9. Line out: utk menghubungkan ke speaker
  10. Mic in:utk menghubungkan ke microphone. Keterangan: no 8,9,10 adalah bagian dari soundcard.

Output Device - Monitor


Monitor yang dipakai pada komputer jenisnya CRT (Cathode Ray Tube) dan LCD (Liquid Crystal Display). Monitor CRT bentuknya besar dan berat, konsumsi listrik sekitar 100 Watt, radiasinya besar terbukti bila Anda berlama-lama di depan monitor jenis ini mata Anda akan cepat lelah dan kepala pusing, harganya relatif murah dibandingkan LCD sekitar 700 ribu rupiah namun ini tergantung dari ukuran inchinya. Monitor LCD bentuknya ringkas dan ringan, konsumsi daya listrik setengah dari CRT sekitar 50 Watt, radiasi rendah, harga relatif lebih mahal dari CRT sekitar 1,6 jt tapi sekarang sudah ada yg dapet 1 jutaan. Namun bila terdapat death pixel (atau titik mati) yang tidak dapat menampilkan warna maka biasanya titik ini akan menyebar kalo sudah gitu ya harus pake lem biru (lempar beli baru) selama masih ada uang untuk membelinya. Penguasap-penguasa berilah hamba mu uang. Beri hamba uang.

DVD RW Drive

Drive yang digunakan untuk membaca CD,CDR, CD RW, VCD, DVD, DVDR, DVD RW serta mampu menuliskan data (menyimpan data) ke DVD R, DVD RW, CD R dan CD RW. R berarti recordable medianya hanya dapat ditulisi satu kali. Sedangkan RW berarti Re-Writeable yang bisa dihapus dan ditulis berulang-ulang sampai dengan 1000 kali.

Hard Disk Drive













Hard disk SCSI








Hard disk Paralel ATA












Hard disk SATA

Hard Disk drive atau fixed disk biasa disingkat harddisk. Berfungsi sebagai penyimpan data tetap. Maksudnya data di dalam harddisk akan tetap ada walaupun komputer dimatikan, kecuali hard disknya rusak misalnya karena bad sector. Bad sector itu bagian di dalam piringan hard disk yang sudah tidak bisa diisi data. Kapasitas hard disk diukur dalam satuan Byte sama seperti Memori hanya saja kalo hard disk ukurannya dari Mega Byte (MB), Giga (GB) sampai ke Terra Byte (TB). Interface atau bentuk konektornya ada beberapa macam, SCSI (baca skasi), IDE (Paralel ATA), dan SATA (Serial ATA). Untuk hard disk SCSI harus menggunakan kartu tambahan yang nantinya dipasang ke slot PCI, untuk pemasangan tipe paralel atau SATA tergantung motherboard yang digunakan. Motherboard sekarang sudah banyak yang menggunakan socket SATA sehingga lebih baik bagi kita untuk menggunakan hard disk tipe SATA dengan transfer data sebesar 150MB/s.

Processing Devices (Perangkat Proses)

CPU (Central Processing Unit)


CPU (Central Processing Unit / Processor). Otak dari komputer bertugas mengadakan pengolahan data dan perhitungan matematis. Bentuk fisiknya sebesar kotak korek api kayu. Yang paling baru malah tidak lebih besar dari koin logam. Gambar diatas ini adalah prosesor buatan Intel (Core 2 quad) dan AMD (Phenom). Prosesor selalu dilengkapi dengan heat sink fan yang berfungsi menyerap panas dan memberikan udara dingin ke prosesor. Bila Anda memutuskan untuk membeli prosesor sendiri perhatikan makin tinggi nilai Ghznya makin baik. Makin banyak corenya (intinya) juga makin baik. Tetapi itu semua masih tergantung dari sistem operasi dan aplikasi yang Anda pakai. Artinya bila Anda membeli prosessor yang core (inti)nya banyak tetapi sistem operasi dan aplikasi yang Anda pakai belum menunjang fungsi tersebut, maka kemampuan prosesor yang Anda beli menjadi percuma.

HeatSink Fan








Motherboard/MainBoard/System Board




















Motherboard, induk dari semua komponen proses. Mengapa? karena CPU, RAM, VGA card, Soundcard, Kabel data harddisk dan DVD ROM semuanyadipasang ke motherboard.Jadi kalo ada orang yang bilang bahwa motherboard adalah pusat segalanya dari unit proses tidak bisa disalahkan.Motherboard untuk prosesor Intel jelas beda dengan moterboard untuk prosesor AMD karena bentuk dan jumlah pin (kaki) prosesornya beda.

RAM (Random Access Memory)

Memori berfungsi sebagai penyimpan data sementara. Artinyakalau komputer dimatikan maka data yang disimpan di memori hilang. Modul memoriyang ada dipasaran adalah DIMM (Dual Inline Memory Module) artinya dua sisi padasebuah keping memori dibaca oleh komputer, makanya bila komputer menggunakansatu keping memori tipe DIMM bisa nyala. Beda dengan modul memori jaman duluyang hanya satu sisi saja dibaca komputer (SIMM) makanya perlu dipasang dua atauempat yang penting genap. Ukuran kapasitas memori dalam Byte, bisa Mega (MB)atau Giga (GB). Kecepatannya dalam Hz, Mhz tapi lebih dikenal dengan istilah PC.Ada PC 2100, PC2-4200 dan lain-lain. Tipe memori yang ada dipasaran DDR, DDR2,DDR3. Berapapun kapasitas memori dan kecepatan yang ingin Anda pakai haruslahdisesuaikan dengan motherboardnya. Bila tidak bersesuaian alias tidak compatiblejangan digunakan.

VGA card

VGA(Video Graphic Array) card digunakan untuk memproses gambar dan dihubungkan kemonitor sehingga kita bisa melihat tampilan pada monitor kita. Tipe VGAbermacam-macam dari VGA ISA, PCI, AGP, PCI express. Dalam satu motherboard hanya dipasang satu jenis VGA saja. VGA tipe PCI express adalah tipe paling baru. Ada

juga VGA card yang sudah menjadi satu dengan motherboard istilahnya VGA on board. VGA on board menggunakan memori yang dipasang di motherboard. Oleh sebab itu biasanya performa VGA on board tidak maksimal. Beda dengan VGA card yang dipasang di slot PCI express atau slot lainnya. VGA tipe ini menggunakan memori dan GPU (Graphical Processing Unit) alias prosesor sendiri untuk menangani proses gambar. Jadi bisa mengurangi beban CPU utama yang secara keseluruhan dapat meningkatkan performa sistem komputer Anda.


Soundcard

Soundcard berfungsi untuk memproses suara. Interfacenya ada yang ISA, PCI, AMR atau CNR. Makin mahal makin banyak fiturnya. Soundcard dihubungkan ke speaker, head set dan juga microphone.

Input devices (perangkat masukan)

Keyboard digunakan untuk memasukan huruf, angka, dan karakter khusus ke dalam komputer. Tipe keyboard yang banyak dipakai adalah QWERTY (sesuai dengan urutan huruf di sebelah kanan tombol tab). Keyboard sekarang sudah banyak ditanamkan fungsi-fungsi tambahan seperti tombol untuk mendengarkan musik, mengakses internet, mengakses e-mail, dan mematikan komputer. Jenis konektornyapun bermacam-macam. Bila dijaman pentium jebod dulu ada konektor DIN terbuat dari besi dan diameternya besar, lalu digantikan dengan small DIN atau yang dikenal dengan PS/2 (Personal System 2 yang diperkenalkan oleh IBM), ada juga yang menggunakan konektor USB sampai yang tidak menggunakan kabel sama sekali (wireless keyboard).


Mouse. Memang mirip dengan tikus, apalagi kalo lihat kabel yang mirip buntutnya tikus. Mouse jadi alat masukan vital selain keyboard. Mouse ada yang menggunakan 2 tombol, 3 tombol dan sekarang sudah menggunakan roda untuk mempermudah navigasi naik dan turun. Konektor yang digunakan dari jaman jadul sampe sekarang adalah serial mouse --> PS/2 mouse --> USB mouse --> wireless mouse.



Gamepad/Joystick digunakan untuk memudahkan dalam permainan komputer (game). Tipe konektornya ada yang serial dan USB. Bentuknya bermacam-macam dari bentuk kotak persegi, batarang (sejata batman yang dilempar mirip seperti bumerang), sampai yang mirip dengan joystick playsation atau sega.




Scanner. Prinsip kerjanya mirip dengan mesin photo copy. Digunakan untuk input gambar atau tulisan ke dalam komputer menjadi sebuah file gambar yang dapat diedit dengan photo/picture editor atau file tulisan yang tentunya bisa dibuka pake word editor. Konektor yang digunakan dari paralel port yang bentuknya gede sampe ke USB yang sekarang banyak dipake.






Kalo yang ini namanya web cam. Alat pelengkap chatting atau video call. Digunakan untuk melihat teman bicara ketika kita chatting menggunakan messenger. Konektor yang digunakan serial port dan USB.









Microphone. Digunakan untuk merekam suara ke dalam komputer. dapat juga digunakan untuk berkaraoke ria di depan PC. Koenktor yang digunakan microphone jack yang dihubungkan ke lubang mic in soundcard yang berwarna pink.









Barcode scanner. Banyak dipakai di kaaaasir supermarket, swalayan bla bla bla. Digunakan untuk mengindentifikasi barcode (garis-garis batang warna hitam disetiap produk yang dijual) harga produk dapat dilihat di monitor setelah produk melewati alat ini. Konektor yang digunakan PS/2, USB atau serial port.

Computer Hardware (Perangkat Keras Komputer)

PC (Personal Computer) hardware consists of:
  • Input Devices
    • Keyboard, mouse, scanner, web cam, microphone, bar code scanner, touch screen, light pen.
  • Processing Devices
    • CPU(Central Processing Unit/Processor), motherboard,RAM (Random Access Memory/Memory), VGA card (Video Graphic Adapter/Array), sound card, hard disk, DVD ROM.
  • Output Devices
    • Monitor, printer, plotter, speaker, head set

Perangkat Keras komputer (PC=Personal Computer)terdiri dari:
  • Perangkat Masukan (Input).
    • Contohnya: Keyboard, mouse, scanner, webcam, microphone, barcode scanner, layar sentuh, pena cahaya.
  • Perangkat Proses (Memproses masukan menjadi keluaran)
    • Contohnya:CPU(Central Processing Unit/Processor), motherboard,RAM (Random Access Memory/Memory), VGA card (Video Graphic Adapter/Array), soundcard, harddisk, DVD ROM.
  • Perangkat Keluaran (Output)
    • Contohnya:Monitor, printer, plotter, speaker, head set

0 komentar:

Posting Komentar

!*Mohon Anda Memberi "Komen" Untuk penyempurnaan kedepan *!

Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.

Copyright © / TEKO

Template by : Urang-kurai / powered by :blogger